7 April 2016

Tiga Air Terjun Menantang Anda di Pulau Lingga

By Admin Web In Alam

Kabupaten paling selatan di Kepri ini, adalah surganya bagi traveler dan Anda pecandu tantangan pemacu adrenalin. Menjelajah hutan perawan, dengan sajian alam yang semula jadi alias natural. Alamnya begitu indah, hutan tropis dengan udara yang segar.

Hutan-hutan tropis yang terjaga dan hijau, persis di bawah garis khatulistiwa. Sungai-sungainya mengalir jernih dari hulu kaki Gunung Daik dan Gunung Sepincan yang gagah menantang dan memanjakan mata.

Terdapat juga puluhan air terjun. Namun belum semua memiliki akses yang memadai dan butuh waktu berjam-jam untuk sampai kesana.

Tapi jangan kuatir, ada tiga lokasi wisata air terjun yang dekat dan mudah Anda capai. Tiga lokasi ini, wajib Anda kunjungi saat datang ke pulau Lingga. Menikmati keindahannya dan segarnya air tawar yang jernih.

1. Air Terjun Tande

airterjun1

Air Terjun Tande (Foto: Muhammad Hudhri)

Air Terjun Tande terletak dilereng Gunung Tanda, bersebelahan dengan Gunung Daik. Lokasi ini adalah bendungan yang jadi sumber air warga warga Daik, ibukota kabupaten Lingga.  Jaraknya, lebih kurang 5 kilometer.

Dan hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki lebih kurang 1,5 jam. Melewati hutan plot karbon, aliran sungai, hutan tropis dengan tumbuhan langka seperti kayu kapur, keruwing, anggrek, berbagai jenis simba atau paku seperti paku tanduk rusa.

Trek  hanya berupa jalan setapak. Cukup menantang dan menguras keringat. Namun, kepenatan akan terbalas, sebab pengunjung bisa bersinggah terlebih dahulu di Rumah Pohon, tepat di tepi aliran sungai yang jernih dengan batu-batuan alam yang indah.

Pengunjung bisa melewati gapura komplek Istana Damnah, melihat aset sejarah Kesultanan Lingga,  Museum Linggam Cahaya, Bilik 44, Replika Istana Damnah dan menyusuri jalan setapak menuju Air Terjun Tande.

 

 2. Air Terjun Resun

airterjun3

Air Terjun Resun (Foto: Muhammad Hasbi)

Dibandingkan aset terjun lainnya, air Terjun di desa Wisata Resun cukup diminati pengunjung. Lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Hanya berjarak 20 menit dari Daik, ibukota kabupaten Lingga, melewati jalan aspal mulus ke sebelah utara Pulau Lingga.

Air terjunnya dari aliran Gunung Sepincan. Landai, bertingkat lima dan memiliki kolam-kolam besar. Menyejukkan mata dengan pohon-pohon rindang. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung diwajibkan membeli tiket Rp2.500 per kepala bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak hanya Rp1.000 per orang. Selain keindahan alamnya, pengunjung juga dapat menikmati kebun salak yang dibudidayakan warga Desa Wisata Resun tersebut.

3. Air Terjun Mak Unggal

airterjun2

Air Terjun Mak Unggal (Foto: Muhammad Hudhri)

 

Masih di Desa Resun, ada sajian wisata air terjun lainnya. Namanya Air terjun Mak Unggal. Jaraknya hanya 1,5 jam perjalanan. Hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Salah satu spot fotografi dan juga menarik untuk lokasi kemping.

Pengunjung dapat berjalan menyusuri tepian sungai yang indah. Hutan-hutan hijau yang sejuk. Lokasi ini, masih sangat alami.

Nah,  apa lagi yang ditunggu? Bile na’ ke Lingga? – Muhammad Hasbi

Komentar

komentar